Sabtu, 03 Oktober 2015

Cara Mengatasi Stres dan Menenangkan Pikiran Ampuh

Cara mengatasi stres – Jika merasa stres, baik karena pekerjaan atau masalah personal, hal pertama yang perlu dilakukan agar merasa lebih baik adalah dengan mengidentifikasi masalah utamanya. Meski demikian, banyak orang kurang bisa melakukannya sehingga pada akhirnya lari ke kebiasaan kurang baik seperti merokok atau minum minuman keras.

“Akan selalu ada solusi atas setiap masalah dalam hidup,” ungkap Profesor Cary Cooper selaku ahli kesehatan di University of Lancaster. “Tidak memiliki control terhadap situasi dan tidak melakukan apapun tentu membuat masalah semakin buruk”.

Cara Mengatasi Stres Yang Ampuh

Mendengarkan musik

Profesor ini menyatakan bahwa cara mengatasi stress terbaik adalah dengan membangun kekuatan emosional yang baik, mengambil kendali situasi, memiliki koneksi sosial yang baik, serta mengadaptasi beragam kegiatan positif. Nah agar Anda dapat menenangkan pikiran, berikut tim redaksi telah memiliki beberapa cara mengatasi stres yang bisa langsung diaplikasikan:
  •  Jadilah aktif
Menghilangkan Stress dengan jogging

Jika memiliki masalah terkait stres, aktivitas fisik dapat membantu Anda tetap dalam pikiran yang stabil dan membantu mengidentifikasi penyebab stres dan menemukan solusinya. “Agar dapat mengatasi stress secara efektif, Anda perlu merasa bugar secara fisik dan mental. Nah, olahraga dan aktivitas fisik serupa memiliki efek tersebut”, ungkap seorang ahli dari University of Lancaster.

Olahraga dan aktivitas fisik pada dasarnya tidak membuat stres menghilang, namun lebih mengurangi intensitas emosional yang Anda alami. Kegiatan ini juga mampu menjernihkan pikiran sehingga Anda bisa mengatasi masalah secara tenang.
  • Ambil control
Ingatlah bahwa akan selalu ada solusi dari setiap masalah. Jika Anda tetap pasif dan berpikir bahwa tidak ada yang bisa dilakukan terhadap problem yang dihadapi, maka stres akan menjadi lebih parah.

Oleh karena itu, cara mengatasi stres dan menenangkan pikiran yang baik adalah mencoba mengambil kendali situasi yang terjadi. Hal ini penting dilakukan agar Anda dapat berpikir jernih dan menemukan solusi yang dapat memuaskan diri sendiri; bukan orang lain
  •  Berkomunikasilah dengan orang terdekat
Berkomunikasi

Dukungan dari orang-orang terdekat dapat meringankan beban yang kini ditanggung sekaligus membantu Anda melihat sesuatu dari perspektif berbeda. Aktivitas yang dilakukan bersama teman dapat digunakan sebagai cara mengatasi stress terbaik karena kegiatan ini umumnya dapat membantu Anda lebih rileks dan tertawa lepas.
  • Tarik nafas dalam-dalam
Cara mengatasi stress lain yang cukup ampuh adalah dengan mengambil nafas dalam-dalam. Aktivitas ini secara klinis terbukti cukup ampuh untuk mengurangi level hormon stres, mengurangi debar jantung, hingga menurunkan tekanan darah.

Untuk melakukannya juga cukup mudah sebab Anda hanya perlu duduk tenang dengan satu tangan diatas perut dan yang lain di dada. Ambil nafas pelan-pelan melalui hidung hingga memenuhi paru-paru, tahan selama beberapa detik kemudian lepaskan melalui mulut hingga habis. Ulangi beberapa kali hingga Anda merasa baikan.
  •  Lakukan meditasi
Meditasi

Meditasi merupakan praktik kuno yang ternyata mampu menenangkan pikiran dan tubuh serta menjadi obat ampuh stress berkepanjangan yang dialami. Luangkanlah waktu selama beberapa menit setiap hari untuk melakukan meditasi agar Anda bisa menjadi lebih tenang.
  • Bicaralah dengan diri sendiri
Salah satu cara mengatasi stres berkepanjangan adalah dengan melakukan self-talk. Hal ini penting dilakukan karena penerimaan diri sendiri dapat membuat Anda merasa lebih positif dan percaya diri. Jika memang tengah menghadapi masalah besar, sugestikan pada diri sendiri bahwa semua akan tetap baik dan akan berakhir dengan baik.
  • Tantanglah diri Anda sendiri
Menenangkan pikiran

Memasang target dan tantangan, entah dengan mencoba aktivitas baru atau mempelajari bahasa tertentu, dapat membantu membangun kepercayaan diri yang akhirnya berujung pada kemampuan mengatur stress itu sendiri. Anda yang selalu berusaha menjadi lebih baik dan tak berhenti belajar dapat menjadi orang yang lebih stabil dibandingkan menjadi orang pasif.
  • Bantulah orang lain
Banyak penelitian mengungkapkan bahwa individu yang membantu orang lain, baik sebagai tenaga sukarela atau melakukan kerja komunitas, terbukti menjadi lebih bahagia. Membantu orang lain yang memiliki masalah lebih buruk juga dapat berpengaruh terhadap cara Anda melihat situasi diri sendiri.

Stres seringkali menjadi momok yang cukup buruk karena tidak hanya dapat berpengaruh terhadap kesehatan mental, namun juga bisa mempengaruhi kondisi fisik. Meski demikian, bukan berarti tidak ada cara mengatasi stres yang bisa dilakukan untuk menanggulanginya. Intinya, deal with it logically and trust yourself. Selamat mencoba.


Pencarian terkait:

cara mengatasi stres menurut islam, cara mengatasi stres dan depresi, cara mengatasi stres pada ibu hamil, cara mengatasi stres kerja, cara mengatasi stres di tempat kerja, cara mengatasi stres pikiran, cara mengatasi stres berat, cara mengatasi stres saat hamil