Sabtu, 15 Oktober 2016

Beragam Jenis Batu Akik Termahal, Mau Beli?

Batu akik temahal - Demam batu akik menjadi tren yang beberapa waktu ini melanda banyak pecinta batu mulia di tanah air. Cobalah meluangkan waktu untuk melihat ke sekitar, Anda akan menemukan pusat jual-beli batu akik ini dengan mudah.

Batu akik sendiri sebenarnya merujuk pada batuan alam yang diperoleh dari fosil atau muntahan lava gunung. Penambangan jenis batuan ini biasanya dilakukan di aliran sungai yang berasal dari gunung. 
Batu akik mungkin terdengar serupa dengan batu mulia, namun umumnya batu akik dapat ditemukan 
di permukaan bumi dan lebih lunak dibandingkan permata.

Dalam perkembangannya terdapat cukup banyak jenis batu akik yang beredar di masyarakat yang bisa dipilih sesuka hati. Berbicara tentang opsi, ternyata ada juga lho batu akik termahal yang harganya dpaat membuat mata terbelalak.

Lalu, batu akik termahal itu seperti apa sih? Mari simak informasi yang telah disediakan tim redaksi berikut ini:
  •  Batu Bacan
Batu akik temahal bacan

Salah satu batu akik termahal yang cukup populer dikalangan pecinta batu adalah Bacan. Nama ini sebenarnya diambil dari nama sebuah pulau di salah satu sudut nusantara. Popularitas batu ini memang baru terkespos beberapa tahun belakangan namun bagi masyarakat di daerah Ternate, Tidore, Jailolo, dan Bacan batu ini telah dikenal sejak lama.

Batu Bacan sendiri memiliki beberapa varian yang dapat diurutkan berdasarkan banderol harga penawaran. Batu Bacan paling mahal dinamakan Doko yang harga jualnya bisa mencapai jutaan rupiah. Selain itu, ada pula batu Bacan Palamea, batu Bacan Obi, hingga batu Bacan Halmahera.
  • Batu Akik Sungai Dareh
Batu akik temahal sungai dareh

Salah satu batu akik termahal yang mungkin bisa menarik perhatian para kolektor adalah batu akik sungai Dareh yang berasal dari Sumatera Barat. Batu ini umumnya memiliki warna hijau menyala, namun beberapa juga memiliki unsur kekuningan di dalamnya. Popularitas batu akik termahal satuini makin tinggi setelah beberapa pihak mensinyalir bahwa mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan presiden Amerika Serikat Barrack Obama juga menjadi salah satu kolektornya.
  • Batu Akik Kalimaya
Batu akik temahal kalimaya

Salah satu batu akik termahal yang tidak boleh dilewatkan penggemar batu mulia adalah batu akik Kalimaya. Batu satu ini sebenarnya memiliki tekstur cukup lembek, namun masih banyak yang mencarinya karena pancaran warna semacam berlian yang mampu dihasilkan. Batu akik yang juga sering disebut opal ini bisa didapatkan di beberapa daerah di Indonesia, namun juga dapat diteukan di beberapa negara seperti Meksiko, Australia, dan Mesir. Batu akik termahal jenis ini sendiri diklaim berasal dari Banten bernama black opal yang diperkirakan dapat mencapai harga hingga Rp50jutaan per piece.
  • Batu Akik Zamrud
Batu akik temahal zamrud

Batu Zamrud menjadi salah satu batu akik termahal yang banyak menjadi buruan orang. Batu ini berasal dari keluarga mineral beryl dan umumnya berwarna hijau karena memiliki unsur chromium di dalamnya. Dalam perkembangannya, batu akik Zamrud sendiri dipercaya berasal dari Mesir yang mana Ratu Cleopatra merupakan salah satu penggemarnya. Batu ini dapat berharga hingga jutaan rupiah, sehingga Anda yang menemukannya dengan harga murah pasti sangat beruntung.
  •  Batu Akik Serendibite
Batu akik temahal serendibite

Salah satu rekor batu akik termahal didapat adalah batu akik serendibite yang termasuk barang langka dan susah menadapatkannya. Batu ini sendiri diyakini hanya bisa ditemukan di daerah Sri lanka dan Myanmar Utara. Batu ini juga cukup unik karena memiliki daya penyerapan cahaya cukup tinggi.

Anda yang  memiliki kesempatan menyenteri batu akik termahal ini akan menemukan bahwa Serendibite dapat mengeluarkan beberapa warna, mulai dari warna hijau kekuningan hingga hijau kebiruaan maupun violet di permukaanya. Harga batu serendibite sendiri bisa cukup fantastis dengan ukuran paling kecil dapat mencapai hingga US$14.300/karat.
Baca juga: 10 Jenis-jenis Batu Permata Termahal Harga Selangit
Mengoleksi batu akik memang menjadi hobi beberapa orang mengingat bebatuan ini memiliki unsur keindahan dari alam yang dapat menarik perhatian. Selain beberapa yang telah disebutkan sebagai batu akik termahal di atas hanyalah sebagian kecil dari banyaknya opsi batuan lainnya. Anda yang tertarik mengoleksi tentu harus tetap pintar memilih dan memilah sehingga batu akik yang didapatkan benar-benar memiliki nilai jual dan seni yang lumayan.