Jumat, 18 November 2016

Daftar Film Bollywood India Terbaik Sepanjang Masa

Film Bolywood India – Terdapat beragam cara yang bisa dilakukan agar untuk mendapatkan hiburan. Salah satu yang paling umum dan populer adalah dengan menyalakan layar kaca atau pergi ke bioskop untuk menonton film.

Industri perfilman lokal maupun internasional memang dibanjiri oleh beragam karya berkualitas, termasuk istilah perfilman Bolywood yang berasal dari India. Bila Anda merupakan penggemar karya seni negeri Hindustan, berikut adalah beberapa rangkuman film Bolywood India terpopuler yang telah dihimpun tim redaksi:

Daftar Film Bolywood India Terbaik

  • Mughal-e-Azam
Film Mughal E Azam

Menjadi salah satu film Bollywood India termahal, Mughal-e-Azam dikategorikan sebagai salah satu pencapaian luar biasa dalam sejarah sinema India. Disutradarai oleh K. Asif, film ini dibintangi oleh Dilip Kumar, Prithvi Raj Kapoor, dan Madhubala yang terlibat dalam sebuah drama cinta antara pangeran Salim dari Mughal dengan seorang pelacur Anarkali. Berdasarakan sebuah poling yang dilakukan di tahun 2013 oleh harian British Asian Weekly disimpulkan bahwa film ini menjadi salah satu film Bolywood India wajib tonton sepanjang masa.

  • Anand
Film Anand

Anand merupakan film Bolywood India yang membuktikan acting Rajesh Khanna sebagai salah satu yang terbaik di kelasnya. Film ini bercerita tentang seseorang yang mengidap penyakit mematikan yang meghabiskan sisa hidupnya untuk memberikan senyuman bagi setiap orang. Akting Rajesh Khanna dan Amitabh Bachchan tentu bakal bisa membuat penggemar meneteskan air mata ketika film diputar.

  • Sholay
Film Sholay

Sholay merupakan salah satu film Bollywood India paling sukses dalam sejarah perfilman negeri itu yang dibintangi oleh Dharmendra, Amitabh Bachchan, Sanjeev Kumar, Hema Malini, Jaya Bhaduri, dan Amjad Khan. Film ini mampu memecahkan rekor box-office dan tetap menjadi pilihan meski telah banyak film baru yang mewarnai dunia film Hindustan. Salah satu hal unik dari film ini adalah munculnya kecintaan penggemar terhadap tokoh antagonis bernama Gabbar Singh yang diperankan oleh Amjad Khan.

  •   Masoom
Film Masoom

Masoom merupakan film dari Shekhar Kapur yang mampu menyentuh setiap hari para penontonnya. Film yang dibintangi oleh Naseeruddin Shah, Shabana Azmi, dan Jugal Hansraj ini diyakini sebagai salah satu yang mendapat banyak pujian sekaligus memenangkan penghargaan mulai dari penghargaan pemeran, lirik lagu, screenplay, dialog, hingga music director.

  • Dilwale Dulhania Le Jayenge
Film Dilwale Dulhania Le Jayenge

Film Bolywood India ini dibintangi oleh mega-bintang Bollywood yang mungkin menjadi salah satu paling terkenal; Shah Rukh Khan. Film ini mengambil kisah cinta indah yang dibalut dengan keindahan dataran Eropa. Film yang telah memecahkan rekor di berbagai box office ini juga menjadi karya yang paling lama diputar di bioskop setelah Sholay.

  •  Jaane Bhi Do Yaaro
Film Jaane Bhi Do Yaaro

Film India populer satu ini dibalut dengan kekonyolan, humor, serta akting teaterikal yang terlihat terlalu berlebihan namun dikemas sangat apik. Film ini berkisah tentang dua orang fotografer tak terkenal yang dimintai tolong oleh seorang editor koran untuk berurusan dengan mafia.

  •   Gol Maal
Film Golmaal

Anda yang mencari film Bolywood India dengan humor segar tentu bisa menjadikan film ini sebagai pilihan. Film yang dibintangi oleh Amol Palekar-Utpal Dutt ini tidak hanya mampu menyita perhatian para penggemar dunia hiburan Hindustan namun juga melambungkan nama sang bintang bahkan jauh setelah film berakhir.

  • Lagaan
Film Lagaan

Lagaan merupakan film yang berlatarbelakang kehidupan di sebuah desa yang bersatu untuk menentang peraturan pemerintah Inggris tentang bermain kriket dan mendapatkan kebebasan membayar pajak. Film ini menjadi hits tidak hanya di kalangan lokal, namun juga internasional dan bahkan masuk nominasi Oscar. Sayangnya, film yang dibintangi oleh Aamir Khan ini tidak memenangkan penghargaan karena dirasa memiliki durasi terlalu panjang.

  • Santoshi’s Damini
Film Damini

Film ini menceritakan tentang perjuangan seorang penari yang menjadi korban pemerkos-an dan bertarung mendapatkan kemenangan di mata hukum. Film ini memiliki cukup banyak isu sosial yang patut menjadi renungan, mulai dari kekerasan domestik, pemerkos-an, hingga ketimpangan hukum.

  •  Kahaani
Film Kahaani

Kahaani adalah flm yang menceritakan perjuangan ibu hamil bernama Vidya Balan untuk mencari suaminya yang hilang. Pencarian ini tentu tidak mudah karena hal ini membuanya menjadi salah satu target pembunuhan pihak tertentu.

Itulah beberapa daftar film Bolywood India menarik yang wajib ditonton. So, prepare your popcorn and get ready for it.


Pencarian terkait:

film india romantis sedih, film india terbaik sepanjang masa, film india terbaik 2016, film india tersedih, film india sedih banget, film india romantis terbaru, film india romantis 2016, film india paling romantis